Langsung ke konten utama

Jenis jenis Tanaman Obat

Jenis-jenis Tanaman Obat Beserta Gambarnya



Beragam jenis tanaman tumbuh subur di tanah Indonesia. Keanekaragaman tanaman di Indonesia memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita. Beberapa manfaat dari tanaman itu antara lain sebagai sumber pendapatan, sumber pangan, dan sebagai penambah nilai estetika jika ditata sedemikian rupa.
Bukan hanya sampai di situ, beberapa tanaman juga memiliki khasiat yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit. Tanaman yang berkhasiat menyembuhkan penyakit di sebut juga sebagai tanaman obat.
Sudah secara turun-temurun diketahui banyak sekali tanaman obat yang tumbuh di Indonesia dan dimanfaatkan untuk diolah menjadi obat herbal. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis tanaman obat beserta gambarnya:
  1. Daun Kemangi



Jenis-jenis-Tanaman-Obat
manfaat.co.id

Tanaman yang sering kita jumpai di piring sebagai lalapan ini ternyata termasuk ke dalam tanaman obat. Ya, siapa sangka daun kemangi ini ternyata bisa digunakan sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan diabetes.
Dalam daun kemangi, terdapat kandungan zat yang berfungsi untuk membantu proses sekresi insulin di dalam tubuh. Insulin digunakan oleh tubuh kita untuk mengontrol jumlah kadar gula darah di dalam tubuh.
Jadi bagi pembaca yang ingin menurunkan kadar gula darah, bisa mengkonsumsi daun kemangi sebagai pelengkap makan siang, ya.
  1. Bawang Merah



jenis-jenis tanaman obat bawang merah
www.satwa.net

Tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat selanjutnya adalah bawang merah. Tanaman ini termasuk ke dalam golongan umbi lapis yang pasti hampir ada di setiap dapur milik anda.
Bawang merah ternyata bukan hanya ampuh untuk dijadikan bumbu masakan, tetapi juga ampuh digunakan untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.
Dalam bawang merah terdapat kandungan yang bernama allyl propyl disulfide yang mampu membantu menurunkan gula darah di dalam tubuh serta mampu memberikan kemampuan hidup lebih lama bagi insulin di dalam tubuh manusia.
  1. Mengkudu



jenis-jenis tanaman obat Mengkudu
jenis-jenis tanaman obat Mengkudu

Bagi sebagian orang mungkin tanaman yang satu ini kurang disukai aromanya. Meskipun memiliki aroma yang kurang sedap, buah mengkudu ternyata memiliki khasiat yang sangat baik guna penyembuhan penyakit diabetes.
Mengkudu memiliki banyak sekali kandungan vitamin, kalium, fosfor, dan nutrisi yang tinggi. Selain itu, buah mengkudu juga dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang jika di konsumsi maka mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.
  1. Daun Kumis Kucing



jenis-jenis tanaman obat Kumis Kucing
alamiobatherbal17.blogspot.co.id

Khasiat utama dari daun kumis kucing adalah sifat diuretik, yaitu untuk membersihkan saluran kencing. Selain itu, khasiat daun kumis kucing ini juga bisa digunakan untuk membantu pengeluaran kristal-kristal asam urat melalui saluran air kencing.
Tidak hanya sampai di situ, manfaat lain dari kumis kucing antara lain untuk mengobati reumatik, mengobati batuk, mengatasi masuk angin dan untuk mengobati keputihan.
  1. Ginseng



jenis-jenis tanaman obat ginseng
www.necturajuice.com

Tanaman ini tumbuh subur di dataran Asia. Ginseng adalah tanaman yang berbentuk menyerupai boneka, bagian badanya gembung yang berfungsi sebagai cadangan makanan.
Ginseng memiliki buah yang berwarna merah dan berukuran kecil, yang jika dilihat sedikit menyerupai murbei.
Khasiat utama dari ginseng adalah untuk menambah kebugaran para kaum adam. Selain itu ginseng juga dikenal memiliki khasiat untuk penyembuhan prostat, serta mampu menurunkan stres.
  1. Jahe



jenis-jenis tanaman obat Jahe
www.anneahira.com

Tanaman obat selanjutnya adalah jahe. Jahe banyak dikenal oleh orang sebagai rempah-rempah. Namun, dibalik itu siapa sangka bahwa jahe ternyata mampu memberikan khasiat yang ampuh dalam menyembuhkan beberapa penyakit.
Dalam dunia pengobatan, jahe kerap digunakan sebagai obat untuk meredakan mual dan menyembuhkan rematik.
Tumbuhan ini berbentuk ruas, dan memiliki rasa hangat namun sedikit pedas.


Sumber:

https://porosbumi.com/jenis-jenis-tanaman-obat/#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Kerajinan Daerah dan Kota Asalnya

10 Kerajinan Daerah dan Kota Asalnya 10 Kerajinan Daerah dan Kota Asalnya - Sentra kerajinan daerah tersebar diberbagai wilayah di Indonesia, dengan produk khas serta ciri dan keunikannya masing-masing. Beberapa daerah memiliki produk khas seperti Batik, ada juga produk kerajinan perak dan produk-produk khas lainnya. Oleh karena itu tidak salah bila ada yang mengatakan bahwa di setiap sudut Indonesia terdapat kerajinan khas daerahnya. 10 Kerajinan Daerah dan Kota Asalnya  - Sentra  kerajinan daerah  tersebar diberbagai wilayah di Indonesia, dengan produk khas serta ciri dan keunikannya masing-masing. Beberapa daerah memiliki produk khas seperti  Batik , ada juga produk kerajinan perak dan produk-produk khas lainnya. Oleh karena itu tidak salah bila ada yang mengatakan bahwa di setiap sudut Indonesia terdapat  kerajinan  khas  daerahnya. Kota-kota yang menjadi sentra  kerajinan daerah kalimantan  biasanya juga memiliki pasar khusus yang menjual produk-produk khas daerah tersebu

Sejarah VOC di Indonesia

Sejarah VOC di Indonesia Latar belakang dibentuknya  Keinginan Belanda untuk melakukan monopoli dibidang perdagangan dikawasan Nusantara, ternyata tidak hanya merupakan keingan Belanda sendiri, tetapi juga negara lainnya, seperti Inggris. Bahkan Inggris telah mendahului langkah VOC dengan membentuk sebuah perserikatan dagang untuk kawasan Asia di tahun 1600 yang diberi nama EIC  (East India Company) , yang mana telah menimbulkan kekawatiran dikalangan para pedagang Belanda sehingga persaingan yang tadinya ada diantara mereka sendiri berubah menjadi kesepakatan untuk membentuk sebuah badan dagang guna membendung EIC. Untuk menghilangkan persaingan antar pedagang Belanda dan untuk mengahadapi persaingan dagang dengan bangsa Eropa lainya, seorang anggota parlemen dari Belanda bernama Johan van Oldebanevelt mengajukan usul mengenai penggabungan pedagang - pedagang Belanda menjadi serikat dagang. Maka pada tanggal 20 Maret 1602, atas prakarsa Pangeran Maurits dan Olden Barneveld didi

Jenis Jenis Barang Tambang disertai Gambar dan penjelasannya

Jenis Jenis Barang Tambang Jenis-jenis Barang Tambang disertai Gambar dan Penjelasannya. Pertambangan adalah suatu kegiatan pengambilan endapan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi, baik secara mekanis maupun manual, pada permukaan bumi, di bawah permukaan bumi, dan di bawah permukaan air. Hasil kegiatan pertambangan antara lain, minyak dan gas bumi, bijih mangaan, bijih emas, perak, batubara, pasir besi, bijih timah, bijih nikel, bijih bauksit, bijih tembaga, dan granit. Minyak Bumi. Minyak bumi didapatkan dengan cara mengebor permukaan jbumi di darat atau di laut. Minyak kemudian di pompa keluar dan dialirkan melalui pipa-pipa panjang ke kilang penyulingan. Minyak mentah yang bentuknya seperti lumpur cair halrus disuling lebih dahulu sebelum dapat digunakan. Pengeboran minyak di laut dilakukan di daerah landasan benua dan disebut pengeboran lepas pantai. Anjungan pengeboran harus dibangun di atas permukaan laut. Di atas anju